SHARE

istimewa

CARAPANDANG - Saat ini, traveling telah menjadi bagian gaya hidup sebagian orang, baik untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang padat, rasa bosan, atau mengurangi tekanan pada batin. Liburan bisa membuat suasana hati menjadi lebih bahagia dan memberikan efek positif bagi kesehatan mental. Meski sebagian orang menilai traveling akan lebih menyenangkan ramai-ramai, tapi melakukan perjalanan sendiri atau solo traveling cocok lho untuk kamu yang ingin mencari ketenangan sekaligus jadi salah satu terapi terbaik untuk menemukan jati diri dan relaksasi.

Nah, buat kamu yang mau solo traveling dengan naik pesawat, 5 tips ini perlu kamu simak untuk perjalanan yang aman dan menyenangkan meski sendirian! 

1. Pilih destinasi tujuan dan cari informasi secara lengkap 

Meski bepergian sendiri dan merasa bebas kemanapun semaunya, bukan berarti tanpa persiapan juga nih. Sebelum berangkat kamu harus menentukan tempat yang ingin kamu kunjungi. Mulai dari mencari tahu tentang karakteristik dari kotanya dan menentukan destinasi wisata yang ingin kamu tuju dengan menyusun itinerary atau destinasi perjalanan, agar momen solo traveling kamu jadi jauh lebih terarah. 

2. Siapkan rencana transportasi dan akomodasi

Karena bepergian sendiri, penting untuk melakukan riset terkait moda transportasi yang akan digunakan, serta pilihan akomodasi yang sesuai dengan anggaran. Pastikan bahwa tempat penginapan yang kamu pilih aman dan nyaman, salah satunya dengan memilih tempat penginapan yang banyak direkomendasikan sesama traveler. Pelajari rute dan jenis kendaraan yang tersedia, bagaimana waktu perjalanannya, serta pembayaran apa yang digunakan agar kamu dapat menyiapkannya sebelum keberangkatan. Serta akan lebih baik jika penginapan yang kamu pilih juga dekat dengan transportasi umum sehingga memudahkan untuk berpindah-pindah atau mobilisasi.

3. Membuat packing list supaya tidak ada yang tertinggal

Membawa perlengkapan traveling yang tepat adalah salah satu aspek penting ketika merencanakan liburan, apa lagi solo traveling. Untuk itu, agar liburan kamu tetap aman dan nyaman kamu bisa membuat packing list yang harus kamu bawa. Pertama, pakaian dan sepatu nyaman yang sesuai dengan cuaca serta destinasi tujuan. Kedua, barang elektronik seperti handphone, kamera, powerbanktripod, dan charger masing-masing. Ketiga personal hygiene, makeup atau skincare. Terakhir, siapkan juga P3K serta alat kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh, seperti  plester luka, obat antiseptik, dan obat masuk angin. 

4. Datang ke bandara tepat waktu

Terbang naik pesawat menjadi pilihan banyak orang karena selain cepat, nyaman, juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Namun, salah satu yang perlu diperhatikan sebelum naik pesawat yaitu jadwal keberangkatan dan waktu check-in. Disarankan kamu tiba di bandara dua jam sebelum penerbangan agar jika membawa barang-barang yang harus dimasukan ke bagasi, kamu bisa langsung check-in dan menghindari adanya antrian panjang, hingga masalah lainnya yang tak terduga. Jangan lupa cek juga apakah maskapai yang kamu pilih punya fasilitas online check-in yang bisa bikin liburanmu lebih praktis lagi.

5. Nikmati perjalanan dan bagikan pengalamanmu

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu! Setelah sampai di lokasi tujuan, kamu dapat mulai menikmati momen solo traveling dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata dalam itinerary. Mulai dari datang ke tempat yang hits, melihat pemandangan alam, cicipi makanan lokal serta berinteraksi dengan penduduk setempat. Selain dokumentasi lewat foto dan video, kamu juga bisa mencoba menulis jurnal perjalanan, supaya perasaan melalui momen-momen istimewa saat solo traveling kamu bisa lebih detail dibagikan. dilansir pelita-air.com

Tags
SHARE